Abstrak


Peran Pokdarwis dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Desa Wisata Sumberbulu Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Fiskana Axel Krisnalaya - B3218024 - Sekolah Vokasi

Pariwisata merupakan sektor penggerak yang dapat dijadikan solusi oleh pemerintah dan memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan negara. Salah satunya adalah pengembangan pariwisata berbasis masyarakat yaitu desa wisata. Desa Wisata Sumberbulu merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Karanganyar yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Peran pokdarwis sangatlah penting karena kunci keberhasilan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Tugas Akhir ini menganalisis mengenai Peran Pokdarwis Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Desa Wisata Sumberbulu Kabupaten Karanganyar. Rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian ini di antaranya bagaimana peran pokdarwis dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Desa Wisata Sumberbulu, bagaimana tingkat kunjungan wisatawan atas upaya promosi, serta apa saja kendala yang dihadapi dan bagaimana solusi untuk menghadapi kendala tersebut.
Penyusunan Tugas Akhir ini menggunakan metode deskriptif yaitu data yang telah diperoleh kemudian diolah dan dikembangkan, dengan menggambarkan fenomena-fenomena yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara kepada narasumber, observasi secara langsung di Desa Wisata Sumberbulu, studi pustaka, serta studi dokumen sebagai informasi tambahan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.
Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan peran yang dilakukan pokdarwis dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Upaya promosi yang dilakukan pokdarwis untuk meningkatkan wisatawan, serta kendala dan solusi yang dihadapi pokdarwis dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah peran yang dilakukan pokdarwis seperti membuat paket wisata yang berinovatif, bekerjasama dengan para stakeholder belum maksimal dalam mendatangkan wisatawan. Upaya promosi yang telah dilakukan pokdarwis yaitu dengan cara memanfaatkan media sosial, media cetak, media partner dan pameran. Pandemi covid-19 adalah salah satu kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, lalu solusi yang dilakukan adalah menyiapkan pos kesehatan untuk wisatawan dan bekerjasama dengan tim satgas covid, serta memberi pelatihan digital marketing.

Kata kunci : Peran, Pokdarwis, Wisatawan, Desa Wisata.