;

Abstrak


Perbedaan Titer Imunoglobulin G SARS-CoV-2 pada Individu yang Mendapatkan Dua Dosis Vaksin Whole Inactivated Diikuti Satu Dosis Vaksin mRNA Paska Enam Bulan Pemberian Dengan dan Tanpa Riwayat Terkonfirmasi Covid-19


Oleh :
Mayuarsih Kartika S - S601802004 - Fak. Kedokteran

Latar belakang: COVID-19 telah ditetapkan sebagai pandemi sejak Maret 2020. Pemberian vaksin dapat menurunkan angka kejadian dan kematian akibat COVID-19. Efektivitas vaksin dapat diketahui dengan pemeriksaan antibodi. Antibodi dapat terbentuk melalui infeksi alami maupun pemberian vaksin.

Tujuan: Membandingkan titer IgG SARS-CoV-2 pada individu yang mendapatkan dua dosis vaksin whole inactivated diikuti booster vaksin mRNA paska 6 bulan dengan dan tanpa riwayat terkonfirmasi COVID-19. Menganalisis hubungan antara usia, jenis kelamin, IMT, komorbid, dan derajat keparahan COVID-19 dengan titer IgG SARS-CoV-2.

Metode: Cohort restrospektif dengan membagi subjek yang mendapatkan dua dosis vaksin whole inactivated diikuti booster vaksin mRNA paska 6 bulan menjadi kelompok dengan riwayat infeksi dan kelompok tanpa riwayat infeksi COVID-19. Dilakukan pemeriksaan titer IgG SARS-CoV-2 dan membandingkan hasilnya pada kedua kelompok serta menentukan hubungan antar variabel dengan titer IgG SARS-CoV-2.

Hasil: Uji t menunjukkan perbedaan yang bermakna antara titer IgG SARS-CoV-2 pada individu yang mendapatkan dua dosis vaksin whole inactivated diikuti booster vaksin mRNA paska 6 bulan dengan dan tanpa riwayat infeksi COVID-19 (p < 0 xss=removed>

Kesimpulan: Terdapat perbedaan titer IgG SARS-CoV-2 pada individu dengan dan tanpa riwayat COVID-19 yang mendapatkan dosis vaksin yang sama. Terdapat hubungan antara IMT dengan titer IgG SARS-CoV-2 pada individu dengan riwayat COVID-19.