Abstrak


Analisis Penggunaan Aplikasi Ruangguru untuk Menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR) Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa Kelas IVD SD Negeri Kutajaya I Tahun Ajaran 2021/2022


Oleh :
Puan Rafida Mahira - K7118180 - Fak. KIP

ABSTRAK
Puan Rafida Mahira.K7118180. ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI RUANGGURU UNTUK MENYELESAIKAN PEKERJAAN RUMAH (PR) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVD SD NEGERI KUTAJAYA I TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2022.

            Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan manfaat yang ditimbulkan dari penggunaan Aplikasi Ruangguru sebagai sumber belajar untuk menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR) di kelas IVD SD Negeri Kutajaya I Tahun Ajaran 2021/2022, (2) menganalisis dampak pada hasil belajar siswa kelas IVD SD Negeri Kutajaya I Tahun Ajaran 2021/2022 yang ditimbulkan dari penggunaan Aplikasi Ruangguru sebagai sumber belajar untuk menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR), dan (3) mengidentifikasi kendala dan strategi yang dialami oleh siswa kelas IVD SD Negeri Kutajaya I Tahun Ajaran 2021/2022 dalam menggunakan Aplikasi Ruangguru sebagai sumber belajar untuk menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR).

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah; guru, siswa, orang tua siswa kelas IVD, dan dokumen. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah Focus Group Discussion (FGD), wawancara, dan studi dokumen. Teknik validitas data menggunakan triangulasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menurut Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aplikasi Ruangguru memberikan manfaat bagi siswa kelas IVD sebagai sumber belajar tambahan untuk menyelesaikan PR. Fitur penjelasan materi yang tersedia dalam Aplikasi Ruangguru memungkinkan siswa kelas IVD untuk melaksanakan pembelajaran secara mandiri di rumah dan membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran. (2) dampak pada hasil belajar siswa dari penggunaan Aplikasi Ruangguru untuk menyelesaikan PR menunjukkan perkembangan yaitu: (a) pada aspek kognitif berupa nilai yang diperoleh siswa sudah mencapai Kriterian Ketuntasan Minimal (KKM) 65 serta nilai yang diperoleh siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan, (b) pada aspek afektif perkembangan ditunjukkan melalui sikap aktif siswa dalam memberikan respon saat guru memberikan pertanyaan secara langsung pada proses pembelajaran di kelas, (c) pada aspek psikomotor mengalami perkembangan yang dapat dilihat melalui kemampuan siswa untuk menerapkan materi yang telah dipahami dalam tugas praktik membuat produk atau karya. (3) terdapat beberapa kendala dalam penggunaan Aplikasi Ruangguru untuk menyelesaikan PR dan dapat dioptimalkan kembali dengan strategi yang sesuai dengan permasalahan yang terjadi.

Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan Aplikasi Ruangguru memberikan dampak positif sebagai sumber belajar untuk membantu siswa menyelesaikan PR yang diberikan oleh guru dan peningkatan hasil belajar siswa kelas IVD SD Negeri Kutajaya I tahun ajaran 2021/2022 pada mata pelajaran IPA, Matematika, dan Bahasa Indonesia.

Kata Kunci: pemberian PR, Aplikasi Ruangguru, hasil belajar