Abstrak


Perancangan Motif Tekstil untuk Kemeja Kasual dengan Sumber Ide Tokoh Wayang Bima


Oleh :
Trinurseto Ikhsani - C0915042 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Trinurseto Ikhsani C0915042. 2021,“Perancangan Motif Tekstil Untuk Kemeja Kasual Dengan Sumber Ide Tokoh Wayang Bima” Pengantar Tugas Akhir: Program Studi Kriya Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pengembangan ini dilakukan untuk mengembangkan desain motif dengan teknik digital print yang akan diarahkan dengan mengeksplorasi visual motif dengan sumber ide tokoh wayang Bima untuk dikembangkan kearah desain yang lebih kreatif dan inovatif.

Perancangan ini menggunakan pendekatan desain yang melewati tiga proses pokok, yakni; proses eksplorasi, terminasi, serta ekstrasi (Palgunadi. 2007).

Hasil pengembangan ini berhasil membuat 6 desain dengan gaya visual yang illustratif dan modern. Pengaplikasian pengembangan ini diarahkan untuk kemeja kasual untuk pria dengan rentang usia 17-25 tahun, dengan pertimbangan pemilihan warna dan komposisi yang sesuai sehingga menghasilkan produk yang kreatif dan inovatif serta memiliki ciri khas dan pembaruan dari segi desain.

Pengembangan ini menghasilkan tampilan desain baru yang menjembatani motif tekstil dengan produk kemeja kasual era sekarang. Dengan menggunakan teknik olah digital, pengembangan ini dapat menghasilkan desain yang lebih mempertimbangkan hasil visual yang lebih realis dan imajinatif namun tidak menghilangkan esensi filosofis dari motif itu sendiri.