Abstrak


Penerapan Optimalisasi Manajemen Risiko Kredit Sebagai Upaya Meminimalkan Kredit Macet di PT. BPR Dana Utama Solo


Oleh :
Ayu Adelia - F3618013 - Sekolah Vokasi

Wabah COVID-19 (Coronavirus 2019) menyebabkan potensi risiko kredit macet semakin besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen risiko kredit yang dilakukan oleh PT. BPR Dana Utama dalam mengatasi kredit macet yang terjadi. Implementasi manajemen risiko kredit yang efektif dapat meminimalkan kredit bermasalah yang terjadi di perusahan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara secara langsung dengan pihak PT. BPR Dana Utama, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku perusahaan, laporan keuangan perusahaan dan situs web perusahaan yang dianggap dapat dipercaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. BPR Dana Utama telah menerapkan proses pemberian kredit sesuai dengan prosedur pemberian kredit dalam ketentuan perbankan dan telah menerapkan manajemen risiko kredit dalam rangka meminimalkan risiko kredit macet. Dengan demikian, PT. BPR Dana Utama semakin siap menghadapi persaingan di dunia perbankan yang semakin ketat.

Kata Kunci: Manajemen Risiko, Kredit Bermasalah, PT. BPR Dana Utama.