Abstrak


Analisis Morfologi dan Semantik Leksikal Penamaan Umbul di Kabupaten Klaten serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Teks Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama


Oleh :
Rofika Ayu Rahmawati - K4215055 - Fak. KIP

Rofika Ayu Rahmawati. K4215055. Analisis Morfologi dan Semantik Leksikal Umbul di Kabupaten Klaten serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Teks Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama. Skripsi, Surakarta: Pendidikan Bahasa Jawa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan: (1) morfologi (2) semantik leksikal (3) teks deskriptif hasil analisis morfologi dan semantik leksikal pada penamaan umbul di Kabupaten Klaten (4) Relevansi hasil morfologi dan semantik leksikal pada penamaan umbul di Kabupaten Klaten, sebagai materi ajar teks deskriptif peristiwa budaya di kelas VII, Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan objek nama-nama umbul di Kabupaten Klaten. Data penelitian diperoleh dengan teknik dasar atau pancing, teknik cakap semuka, teknik rekam dan teknik catat. Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu trianggulasi teori, trianggulasi sumber data baik dari informan serta dokumen eksternal penunjang data. Teknik analisis data dengan menggunakan metode bandingan tetap meliputi: reduksi data, kategorisasi, sintesisasi dan menyusun hipotesis kerja.

Hasil analisis data penelitian berupa: Nama-nama umbul dikategorikan sesuai asal namanya. Proses morfologi yang terdapat pada penamaan umbul yaitu a. Dervasi Zero, b. Afiksasi meliputi: Afiks berupa alomorf {Ke-}, {Kapi-},1Infiks berupa alomorf {-um-/-em-}, Sufiks beralomorf {-an}, Konfiks beralomorf {Ka-+an}, c. Abrevasi, d. Komposisi. Proses morfologi penamaan umbul di Kabupaten Klaten di dominasi oleh proses derivasi zero. Semantik leksikal berdasarkan deskripsi nama asal meliputi: nama pohon, nama hewan, nama daun, tokoh/sosok, nama benda, gender, nama dukuh, nama desa, bangunan, kondisi geografis, sifat berdasarkan letak dekat bangunan lain, kata kerja, bentuk. Analisis semantik leksikal pada penaman umbul di Kabupaten Klaten di dominasi oleh nama pohon, hal ini dikarenakan masyarakat memberi nama sesuai pohon yang di dekat umbul, atau1pohon yang mendominasi di sekitar lingkungan umbul. Hasil dari analisis morfologi dan semantik leksikal di buat teks deskriptif berbahasa Jawa berjudul “Asal-usul dumadine Umbul Ing Tlatah Klaten” untuk dijadikan materi ajar teks deskriptif peristiwa budaya pada kurikulum di kelas VII, Sekolah Menengah Pertama (KD 3.1 , 4.1). Pemahaman dasar morfologi dan semantik leksikal di terapkan pada siswa untuk memahami wacana.