Abstrak


Pengaruh Penerapan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Shooting Free Throw pada Siswa Ekstrakurikuler Basket SMP Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar


Oleh :
Mochamad Hafid Rozaq - O0118072 - Fak. Keolahragaan

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui kemampuan shooting free throw bola basket di SMP Negeri 1 Ponggok sebelum dan sesudah penerapan media audio visual, menganalisis pengaruh penerapan media audio visual terhadap peningkatan kemampuan shooting free throw bola basket di SMP Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar.

        Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental didefinisikan sebagai pendekatan yang paling komprehensif untuk penelitian kuantitatif, artinya memenuhi semua persyaratan untuk menguji kausalitas, rancangan atau desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimental dengan jenis desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “One Groups Pretest-Posttest Desain”. Penelitian ini menggunakan pretest untuk mengetahui keadaan awal sebelum diberikan perlakuan dan posttest untuk mengetahui keadaan setelah diberikan perlakuan, Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa yang mengikuti Ekstrakurikuler Basket SMP Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar Sejumlah 30 siswa.

 

       Berdasarkan hasil pengujian hipotesis di atas, dapat diketahui bahwa rata-rata nilai pre-test adalah 2,9 dan post-test 5,3 dengan p-value atau signifikansi sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test seteleh pemberian media audiovisual dan diperoleh presentase peningkatan shooting Free Throw Sebanyak 2,4?ri data awal. Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan media audiovisual berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan shooting free throw bola basket di SMP Negeri 1 Ponggok. Hipotesis penelitian ini adalah “Ada pengaruh penerapan media audiovisual terhadap peningkatan kemampuan shooting free throw bola basket di SMP Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar”. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang dilakukan dapat diterima.

        Berdasarkan hasil analisis data, deskripsi, pengujian hasil penelitian, dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut yaitu Ada pengaruh penerapan media audiovisual terhadap peningkatan kemampuan shooting free throw bola basket di SMP Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar dan penelitian ini baik di gunakan untuk latihan selanjutnya untuk meningkatkan skill basket.