Abstrak


Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis E-Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di Kelas X IPS SMA N 1 Mojogedang Tahun 2022


Oleh :
Enisa Fitri - K5417023 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis kebutuhan multimedia interaktif berbasis E-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran geografi, (2) Merancang multimedia interaktif berbasis E-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran geografi, (3) Mengetahui kelayakan pengembangan multimedia interaktif berbasis E-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran geografi, (4) Mengetahui efektifitas multimedia interaktif interaktif berbasis E-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran geografi.

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and development (RnD). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahap pengembangan yakni analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPS 3 dan X IPS 5 yang berjumlah 64 peserta didik di SMA N 1 Mojogedang. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data terdiri dari angket, dokumentasi, wawancara, tes.