Abstrak


Penerapan Klausula Eksonerasi Pada Aplikasi Pedulilindungi Dalam Perspektif Kitab Undang-Undang Hukum Perdata


Oleh :
Ariel Sukma Adhitya - E0017071 - Fak. Hukum

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan yang berkaitan dengan klausula eksonerasi pada syarat penggunaan aplikasi PeduliLindungi yang dilihat dari perbandingan penggunaan klausula eksonerasi pada negara civil law seperti perancis, jerman, belanda dan negara common law seperti inggris serta mengetahui bentuk perlindungan hukum bagi masyarakat selaku pengguna aplikasi pedulilindungi atas adanya klausula eksonerasi. 
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif dengan pendekatan undang-undang. Bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi dokumen atau studi kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan adalah deduksi dengan metode silogisme dengan metode silogisme. 
Hasil penelitian dan kajian menemukan bahwa secara umum konsep klausula eksonerasi dipandang oleh beberapa negara baik yang menganut sistem civil law dan common law sebagai klausula yang membatasi, mengurangi serta mengaihkan suatu pertanggungjawaban atas kerugian yang timbul dari perjanjian yang telah ditetapkan. Pada syarat penggunaan ini juga ditemukan bentuk perlindungan hukum secara preventif maupun represif.