Abstrak


Efektivitas Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran melalui Kantor Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal


Oleh :
Annisa Tri Kusuma - E3117025 - Sekolah Vokasi

Penelitian ini membahas permasalahan, tentang efektivitas dan hambatan dalam pelaksanaan pelayanan penerbitan akta kelahiran melalui kantor pelayanan administrasi terpadu kecamatan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal. Jenis penelitian yang digunakan adalah empiris yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode kualitatif-deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama pelaksanaan penerbitan akta kelahiran melalui kantor pelayanan administrasi terpadu kecamatan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal belum berjalan efektif, karena masih adanya kriteria pengukuran efektivitas yang belum terpenuhi seperti integrasi, dan adaptasi. Kedua hambatan yang dihadapi adalah 1) kualitas sumber daya manusia kurang memadai, 2) terlambatnya pengiriman arsip, 3) keterbatasan jaringan di daerah pegunungan, 4) kurangnya koordinasi antara petugas registrasi kantor PATEN dengan pegawai Dinas Dukcapil Kabupaten Tegal.
Kata Kunci: Akta Kelahiran, Kantor Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan, Efektivitas