Abstrak


Pemberdayaan UMKM pada Masa Pandemi COVID-19 di BRI Unit Jiwan, Kotamadya Madiun


Oleh :
Glarr Gangsar Pambudi Aji - F3619035 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK

PEMBERDAYAAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI BRI UNIT JIWAN, KOTAMADYA MADIUN

GLARR GANGSAR PAMBUDI AJI
F3619035
      
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi BRI Unit Jiwan, Kotamadya Madiun dalam memberdayakan UMKM pada masa pandemi COVID-19 di Kecamatan Jiwan. Wabah COVID-19 telah mengakibatkan penurunan jumlah produksi dan omzet dari pelaku UMKM, sehingga diperlukan pemberdayaan agar UMKM dapat segera pulih. 
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam dan secara terperinci melalui penyajian pendeskripsian konteks penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara tidak terstruktur dan observasi berperan serta. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer berupa penggalian informasi kepada narasumber dan data sekunder seperti Undang-Undang, jurnal, website dan dokumen terkait.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BRI Unit Jiwan, Kotamadya Madiun menjalankan beberapa program dalam memberdayakan UMKM pada masa pandemi COVID-19 yaitu pemberian KUR kepada masyarakat Jiwan, mempersiapkan website pasar.id bagi para pedagang di Pasar Sukolilo, dan mengembangkan potensi desa agar mampu menjadi desa yang mandiri melalui program desa brilian.

Kata Kunci: Pemberdayaan, UMKM, BRI Unit Jiwan, Kotamadya Madiun.