;

Abstrak


Pengembangan E-Modul Berbasis POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Pada Materi Sistem Respirasi Manusia Untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa


Oleh :
Sri Septianti - S102002004 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk pengembangan e-modul berbasis POGIL pada materi sistem respirasi manusia untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa dengan karakteristik yang telah ditentukan, 2) menguji kelayakan e-modul berbasis POGIL pada materi sistem respirasi manusia untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa, 3) menguji keefektifan e-modul berbasis POGIL pada materi sistem respirasi manusia untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa.

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dan dilanjutkan dengan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian pengembangan memiliki tujuan untuk mengembangkan produk E-Modul berbasis POGIL. Penelitian kuasi eksperimen bertujuan untuk menguji keefektifan E-Modul berbasis POGIL. Subjek penelitian ini adalah kelas XI Mipa 2 dan kelas XI Mipa 4 berjumlah 72 siswa masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa di SMA Negeri 3 Sragen. Teknik pengumpulan data melalui instrument berupa angket penilaian kelayakan oleh para ahli, angket respon siswa, angket respon guru dan soal keterampilan berpikir kritis. Analisis keefektifan e-modul berbasis POGIL diuji dengan ANCOVA.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) E-modul diintegrasikan menggunakan model pembelajaran POGIL yang memuat enam sintaks yaitu orientasi, eksplorasi, pembentukan konsep, aplikasi dan penutup. E-modul mendukung pembelajaran menggunakan smartphone berbasis android atau IOS dan laptop; 2) E-modul Berbasis POGIL dinyatakan valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi sistem respirasi manusia; 3) E-modul Berbasis POGIL efektif dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata Kunci: Keterampilan berpikir kritis, e-modul, POGIL