Abstrak


Inovasi ''Kadal Sakti'' dalam Penyelenggaraan Penerima Bantuan Iuran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri


Oleh :
Dhea Fitri Setya - E3118047 - Sekolah Vokasi

Dhea Fitri Setya. 2022. E3118047. INOVASI “KADAL SAKTI” DALAM PENYELENGGARAAN PENERIMA BANTUAN IURAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN WONOGIRI. Tugas Akhir. Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret.

Pelayanan administrasi kependudukan tentu saja perlu sinergi antara masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, serta lembaga pengguna. Hal ini berlaku untuk proses kepesertaan PBI JK Kesehatan yang menggunakan data kependudukan. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai proses pelaksanaan inovasi “Kadal Sakti” dalam penyelenggaraan Penerima Bantuan Iuran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri, solusi dari kendala yang dihadapi selama pelaksanaan inovasi “Kadal Sakti” di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis penelitian empiris, pendekatan kualitatif, sifat penelitian deskriptif. Pengambilan data pada penelitian ini didapatkan berdasarkan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan inovasi “Kadal Sakti” telah sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Wonogiri Nomor 470/51/HK/2020 yang bekerja sama langsung dengan Dinas Sosial dan BPJS Kesehatan Kabupaten Wonogiri. Inovasi “Kadal Sakti” berjalan sesuai kesepakatan dan menggunakan sistem yang bisa diakses secara real-time. Kendala dalam penyelenggaraan inovasi “Kadal Sakti” seperti eror server hingga kesadaran masyarakat dalam hal pelaporan peristiwa yang dirasa kurang, dapat diatasi dengan koordinasi dan sosialisasi secara berkala.

Katakunci: Analisis, Inovasi, Kadal Sakti