Abstrak


Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial dan Institusional terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Mediasi


Oleh :
Dyan Nisuo Gayatry - F0318042 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Nilai perusahaan merupakan rasio yang digunakan untuk menilai harga saham dari suatu perusahaan. Perbandingan rasio ini diperoleh dari nilai book value dari perusahaan tersebut. Proksi price to book value digunakan untuk mengukur nilai perusahaan. Untuk mengukur struktur kepemilikan, peneliti menggunakan persentase kepemilikan. Variabel profitabilitas dengan proksi return on asset juga berperan sebagai variabel mediasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi sebagai bahan evaluasi dari teori dengan fakta yang ada dilapangan dan dapat melengkapi penelitian sebelumnya. Selain itu, hasil penelitian ini juga diharapkan memberikan kontribusi kepada manajemen perusahaan mengenai faktor-faktor yang memengaruhi perusahaan dalam rangka meningkatkan profitabilitas dan memaksimalkan nilai perusahaan.

Sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling berjumlah 1488 dari 248 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015 sampai 2020. Hasil analisis menggunakan metode regresi data panel dan analisis lanjutan pada PT AKR Corporation Tbk. Hasil penelitian menggunakan Eviews 12 bervariasi. Pertama, kepemilikan saham institusional berpengaruh positif terhadap profitabilitas dan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kedua, kepemilikan manajerial tidak berpengaruh pada profitabilitas dan berpengaruh positif pada nilai perusahaan. Ketiga, dengan menggunakan uji jalur dan uji Sobel menunjukan bahwa kepemilikan institusional berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui mediasi profitabilitas. Namun, kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui mediasi profitabilitas. Dalam studi kasus yang dilakukan pada PT AKR Corporation, menunjukkan bahwa kepemilikan institusional berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang dilihat dari semakin tinggi komposisi kepemilikan saham institusional semakin besar juga nilai price to book value.