Abstrak


Aspek Kepribadian, Konflik Batin Tokoh Utama, dan NilaiPendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Tentang Kita dan Laut Karya: Yetti A.KA. serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Kelas XI SMA


Oleh :
Rahmatika Mulyani - K1218056 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) kepribadian tokoh utama dalam kumpulan cerita pendek Tentang Kita dan Laut; (2) konflik batin tokoh utama dalam kumpulan cerita pendek Tentang Kita dan Laut berdasarkan teori psikoanalisis Sigmund Freud; (3) nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerpen Tentang Kita dan Laut; dan (4) relevansi kumpulan cerpen Tentang Kita dan Laut sebagai materi ajar teks cerita pendek pada siswa SMA kelas XI.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis isi. Sumber data berupa kumpulan cerpen Tentang Kita dan Laut dan informan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan analisis dokumen dan wawancara. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini: (1) kepribadian tokoh utama dapat digambarkan dalam dimensi fisiologis, dimensi sosiologis, dan dimensi psikis; (2) konflik batin tokoh utama dianalisis berdasarkan teori psikoanalisis Sigmund Freud yaitu id, ego dan superego; (3) nilai pendidikan karakter yang dapat diteladani dan diimplementasikan dalam kehidupan adalah nilai integritas, nilai religius, nilai mandiri, nilai nasionalis, dan nilai gotong royong; dan (4) kumpulan cerpen Tentang Kita dan Laut karya Yetti A.KA. relevan sebagai materi ajar teks cerita pendek pada siswa SMA kelas XI.