Abstrak


SISTEM DAN PROSEDUR PENGELOLAAN ARSIP INAKTIF DI PT INDUSTRI KERETA API (PERSERO) MADIUN


Oleh :
Anselma Fadya Wahyudiamantika - D1519012 - Sekolah Vokasi

Anselma Fadya Wahyudiamantika, D1519012. “Sistem dan Prosedur Pengelolaan Arsip Inaktif di PT Industri Kereta Api (Persero) Madiun. Laporan Tugas Akhir, Program Studi DIII Manajemen Administrasi Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2022, 68 halaman.

Pengelolaan arsip di PT Industri Kereta Api (Persero) merupakan kegiatan dalam mendukung tertibnya administrasi perusahaan. PT Industri Kereta Api (Persero) dalam melaksanakan pengelolaan arsip aktif yang meliputi, penerimaan, penyimpanan, pemeliharaan, penyajian, dan penilaian arsip dilakukan di setiap unit kerja tersendiri.

Tujuan pengamatan dilakukan untuk mengetahui Sistem dan Prosedur Pengelolaan Arsip Inaktif di PT Industri Kereta Api (Persero) Madiun. Jenis pengamatan dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan mengkaji dokumen serta arsip.

Hasil pengamatan menyimpulkan bahwa sistem pengelolaan yang ada di Unit Kearsipan PT. Industri Kereta Api (Persero) dapat dibagi menjadi dua, yaitu sistem klasifikasi dan sistem penyimpanan arsip inaktif. Untuk prosedur pengelolaan arsip inaktif di PT Industri Kereta Api (Persero) dapat dibagi menjadi 4 prosedur yaitu, prosedur penataan, prosedur pemeliharaan, prosedur penyusutan, prosedur pemusnahan.