Abstrak


Analisis Dampak Pemberian Motivasi melalui Lagu Nasional terhadap Sikap Cinta Tanah Air Peserta Didik Kelas III MI Al-Hidayah Arco


Oleh :
Zoraida Febrianti - K7118240 - Fak. KIP

Penelitian ini memiliki tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk mengetahui dampak pemberian motivasi melalui lagu nasional pada masa pembelajaran tatap muka terbatas terhadap sikap cinta tanah air peserta didik. Berdasarkan teori behavioristik yang dikemukakan oleh Edward Lee Thorndike, aspek utama dalam pembelajaran ialah adanya rangsangan dan respon. Stimulus diberikan untuk memberikan dorongan kepada peserta didik untuk melakukan sesuatu berdasarkan rencana dalam pembelajaran agar tercapainya pembiasaan suatu karakter atau sikap yang menjadi tujuan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas III dan 31 peserta didik kelas III MI Al-Hidayah Arco. Teknik dalam mengumpulkan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dalam menguji validitas data, digunakannya triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman dalam proses teknik analisis data.

Berdasarkan hasil penelitian pemberian motivasi melalui lagu nasional yang dilakukan secara terus menerus memberikan dampak terhadap sikap cinta tanah air peserta didik, diantaranya yaitu ketertarikan peserta didik kepada lagu nasional, tidak pantang menyerah dalam menghafal, selalu menghormati dan bersungguh-sungguh ketika bernyanyi, dan meningkatnya konsentrasi peserta didik dalam menerima pembelajaran.