Abstrak


Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Model Flipped Classroom Dengan Media Video Powtoon Kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada Mata Pelajaran Akuntansi Lembaga SMK Batik 1 Surakarta


Oleh :
Dinda Risna Elfiyanti - K7718025 - Fak. KIP

Dinda Risna Elfiyanti. K7718025. Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Model Flipped Classroom Dengan Media Video Powtoon Kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada Mata Pelajaran Akuntansi Lembaga SMK Batik 1 Surakarta. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Mei 2022.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini berlangsung dua siklus. Masing – masing siklus terdiri dari 2 pertemuan dan meliputi empat komponen: persiapan, tindakan, refleksi, dan observasi. Tenik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik validitas data penelitian menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil tindakan, dapat diketahui bahwa model pembelajaran flipped classroom dengan media video powtoon dapat meningkatkan keaktifan siswa pada siklus I dan siklus II. Pada prasiklus persentase rata – rata keaktifan 36,92%. setelah menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan media video powtoon pada Siklus I, keaktifan siswa sebesar 48,78%. Pada siklus II rata – rata keaktifan dengan persentase 79,32%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom dengan media video powtoon dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI Akuntansi Lembaga Keuangan pada mata pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Surakarta.