Abstrak


SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN ONLINE DAN PENGELOLAAN PERTANDINGAN PENCAK SILAT IKATAN PENCAK SILAT SELURUH INDONESIA KABUPATEN MAGETAN


Oleh :
Helmy Fauzi - M3118037 - Sekolah Vokasi

Sistem Informasi Pendaftaran Online dan Pengelolaan Pertandingan Pencak Silat Ikatan Pencak Seluruh Indonesia Kabupaten Magetan. Helmy Fauzi. NIM M3118037. Program Studi Diploma III Teknik Informatika Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret. 2022.

Ikatan Pencak Silat Indonesia atau sering disebut IPSI merupakan wadah organisasi bagi seluruh jajaran pencak silat Indonesia serta membawahi kegiatan-kegiatan pencak silat secara resmi, seperti menyelenggarakan pertandingan, membakukan peraturan dan hal-hal yang berhubungan dengan pencak silat.

Dalam penyelenggaraan pertandingan, pengolahan data merupakan suatu elemen penting dalam kelancaran kegiatan. Hal tersebut karena data-data itu bekesinambungan dari pendaftaran peserta yang menghasilkan data peserta sehingga dapat langsung dijadikan sebagai data dalam melakukan undian. Kemudian sistem penjadwalan dapat menghasilkan jadwal dari babak penyisihan sampai babak final, bahkan sampai pelaporan pemenang pertandingan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem informasi untuk mempermudah proses-proses tersebut.

Sistem Informasi Pendaftaran Online dan Pengelolaan Pertandingan Pencak Silat Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia Kabupaten Magetan adalah suatu sistem yang dapat membantu dalam keberlangsungan pertandingan pencak silat.

Sistem ini dibuat berbasis web sehingga dapat mudah diakses oleh peserta dalam melakukan pendaftaran pertandingan dan sekretaris pertandingan dalam pengelolaan pertandingan. Sistem ini dirancang dengan menggunakan perancangan analisis proses bisnis, use case diagram, dan activity diagram. Sedangkan untuk implementasi sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Codeigneter, dengan basis data penyimpanan MySQL.

 

Pada laporan Tugas Akhir “Sistem Informasi Pendaftaran Online dan Pengelolaan Pertandingan Pencak Silat Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia Kabupaten Magetan” dapat dilihat bahwa, sistem telah berjalan sesuai dengan fungsional masing-masing setelah proses pengujian. Pengujian yang digunakan sistem ini adalah metode Black Box.