Abstrak


Strategi Pengembangan Geopark Nasional Karangsambung - Karangbolong Kabupaten Kebumen dengan Membuat Inovasi Paket Wisata Unggulan Geopark Kawasan Karangsambung


Oleh :
Wim Salasa Pamularsih - B3219063 - Sekolah Vokasi

Geopark adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi di mana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi, dan budaya yang ada di dalamnya. Penelitian ini membahas bagaimana strategi pengembangan paket wisata Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong Kabupaten Kebumen melalui konsep 4A (Attraction, Amenities, Accessibilities, dan Ancillary).

Penelitin ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data menggunakan data primer dan sekunder dalam proses analisis strategi pengembangan paket wisata Geopark Nasional Karangsambung - Karangbolong.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Geopark Nasional Karangsambung -Karangbolong memiliki daya tarik untuk dikembangkan menjadi suatu paket wisata Stay in Kebumen 2) Strategi pengembangan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong melaui konsep-konsep terkait pengembangan geopark

Terdapat inovasi Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong dalam memasarkan daya tariknya yakni dengan cara membuat paket wisata Stay in Kebumen. Kesimpulan dari penelitian ini guna mengoptimalisasi pengembangan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong fokusnya Kawasan Karangsambung diperlukan dukungan stakeholder dan pemberdayaan masyarakat terkait dalam pemasaran daya tariknya agar lebih diminati masyarakat khususnya dari luar daerah. Dalam hal ini diperlukan dukungan dari seluruh elemen masyarakat setempat dan Badan Pengelola GNKK supaya proses pengembangan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong berjalan dengan maksimal dengan upaya promosi paket wisata stay in Kebumen yang mengambil destinasi unggulan geopark kawasan Karangsambung.

Kata kunci: Strategi, Pengembangan, Paket Wisata, Geopark, Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong