Abstrak


Evaluasi Sistem Informasi Pembayaran Klaim Dana Pensiun Aparatur Sipil Negara (ASN) pada PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Yogyakarta


Oleh :
Irma Widyati - F3619037 - Sekolah Vokasi

Tujuan dari pengamatan yaitu untuk mengetahui pengunaan sistem informasi pembayaran klaim dana pensiun pada PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Yogyakarta. Penggunaan sistem informasi ini dapat memudahkan dalam pembayaran klaim dana pensiun sehingga peserta pensiun tidak perlu menunggu lama dalam proses pengajuan klaim dana pensiun.

Metode pengamatan menggunakan metode kualitatif dan teknik yang digunakan dalam pegumpulan data yaitu dengan metode wawancara, observasi, serta mengkaji dokumen dan arsip. Proses yang dilakukan penulis dalam pengamatan meliputi mengamati sistem informasi pembayaran klaim dana pensiun, mendengarkan arahan mengenai langkah-langkah penggunaan sistem, dan berperan langsung dalam penginputan data pengajuan klaim dana pensiun.

Hasil dari pengamatan penulis terkait sistem informasi yang digunakan dalam pencairan klaim dana pensiun Aperatur Sipil Negara (ASN) menunjukkan bahwa PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Yogyakarta dalam kegiatan operasionalnya menggunakan sistem informasi pelayanan cabang, Sistem informasi biometerik, dan Aplikasi otentikasi taspen. Komponen yang terdapat pada sistem informasi pembayaran klaim dana pensiun pada PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Yogyakarta terdiri dari 1) Sumber daya manusia 2) Sumber daya hardware 3)Sumber daya software 4)Sumber daya data dan 5)Sumber daya jaringan. Komponen tersebut saling berkaitan dalam menunjang sistem proses pembayaran klaim dana pensiun.