Abstrak


Implementasi Pengawasan dan Audit Distribusi dan Pengelolaan Persediaan Vaksin COVID-19 di Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Oktavia Ayu Wening - F3319061 - Sekolah Vokasi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengawasan persediaan vaksin COVID-19 serta menganalisis hasil pengawasan persediaan vaksin COVID-19 yang dilakukan di Kabupaten Karanganyar. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa prosedur audit persediaan vaksin COVID-19 yang dilakukan oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Karanganyar telah sesuai dengan pedoman pengawasan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) kementerian/Lembaga/pemerintah daerah dalam Keputusan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Nomor KEP/K/D2/2021. Berdasarkan laporan hasil audit terdapat beberapa temuan terkait dengan persediaan vaksin COVID-19, hal ini berarti menggambarkan bahwa pengelolaan persediaan vaksin COVID-19 masih kurang memadai.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan rekomendasi yaitu Inspektorat Daerah Kabupaten Karanganyar lebih cermat dan menerapkan prinsip kehati-hatian dalam melakukan pengecekan persediaan vaksin di gudang fasyankes ataupun dinas kesehatan sehingga dapat mendukung kesuksesan program vaksinasi COVID-19.