Abstrak


Sistem Informasi Manajemen Keuangan UMKM Batik di Masaran - Sragen


Oleh :
Muhammad Nur Afif Na'im - M3118056 - Sekolah Vokasi

Muhammad Nur Afif Na’im. 2022. Sistem Informasi Keuangan UMKM Batik di Masaran - Sragen. Program Studi D3 Teknik Informatika Sekolah Vokasi UNS.

            UMKM Batik Masaran – Sragen merupakan salah satu kawasan industri batik skala UMKM yang terketak di Kabupaten Sragen Provinsi Jawa Tengah. Pada saat ini rata-rata UMKM di daerah tersebut masih melakukan pencatatan keuangan secara manual, yaitu dengan mencatat transaksi yang telah terjadi menggunakan buku tulis atau sejenisnya, sedangkan pada zaman sekarang teknologi terus berkembang. Sebagai solusinya adalah dengan membuat Sistem Informasi Keuangan, yang nantinya sistem ini akan memepermudah UMKM dalam pengelolaan data kategori, data transaksi, dan laporan keuangan. Sehingga dengan adanya sistem ini akan meningkatkan kwalitas pengelolaan data keuangan yang lebih efektif dan efisien.

            Sistem Informasi Keuangan UMKM Batik di Masaran – Sragen dibangun dengan menggunakan perancangan analisis Proses Bisnis, Use Case Diagram, Activity Diagram.  Implementasi produk menggunakan Bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravel 8, dengan basis data penyimpanan MySQL.

            Pada laporan Tugas Akhir Sistem Informasi Keuangan UMKM Batik di Masaran -  Sragen dapat dilihat bahwa, sistem telah berjalan sesuai dengan fungsional masing-masing. Pengujian sisitem menggunakan metode Black Box.