Abstrak


PENERAPAN LIVING VALUES EDUCATIONAL PROGRAM (LVEP) UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU TANGGUNG JAWAB ANAK USIA 5-6 TAHUN


Oleh :
Fitri Nur Saktiyani - K8115023 - Fak. KIP

Fitri Nur Saktiyani. K8115023. Penerapan Living Values Educational Program (LVEP) Untuk Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Desember 2021

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan Living Values Educational Program di taman kanak-kanak. Pendekatan pada penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif.

Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan Living Values Educational Program dapat diterapkan pada taman kanak-kanak. Tahapan pelaksanaan metode Living Values Educational Program meliputi : (1) tahap persiapan yaitu menyiapkan bahan ajar, alat dan bahan yang digunakan dalam proyek dan membentuk kelompok. (2) tahap pelaksanaan dilakukan setelah anak memahami tugas-tugas yang diberikan oleh guru pada setiap kelompok. Sehingga anak bekerja sama dengan kelompoknya. (3) tahap penutup memiliki peran sebagai tahap penguat yaitu anak mempresentasikan hasil karyanya yang telah diselesaikan. Teman yang lain dapat memberikan pendapat mengenai hasil karya yang dipresentasikan dan memberikan reward. Manfaat penerapan Living Values Educational Program diantaranya: (1) memberikan stimulasi anak untuk meningkatkan tanggung jawab anak dalam pembelajaran serta kehidupan sehari-hari. (2)  melatih tanggung jawab diri sendiri dan terhadap lingkungan dengan membiasakan tanggung jawab di lingkungan sekolah dan rumah.