Abstrak


Penerapan Aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman di Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta


Oleh :
Nadya Yanika Oentari Putri - K7518052 - Fak. KIP

Nadya Yanika Oentari Putri. PENERAPAN APLIKASI “DUKCAPIL DALAM GENGGAMAN” DI DINAS ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Penerapan Aplikasi “Dukcapil Dalam Genggaman” di Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta, 2) Hambatan apa saja yang dihadapi dalam penerapan Aplikasi “Dukcapil Dalam Genggaman”, 3) Upaya yang dilakukan Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta dalam menghadapi hambatan penerapan Aplikasi “Dukcapil Dalam Genggaman”.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta, Jalan Jendral Sudirman No.2, Kampung Baru, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data diperoleh menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dengan tahapan: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data. 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) persiapan, 2) pengembangan instrumen, 3) pengumpulan data, 4) analisis Data, 5) laporan hasil penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Aplikasi “Dukcapil Dalam Genggaman” di Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta meliputi: a) perencanaan dan persiapan Penerapan Aplikasi "Dukcapil Dalam Genggaman, b) pelaksanaan penerapan Aplikasi "Dukcapil Dalam Genggaman", c) monitoring dan evaluasi penerapan Aplikasi "Dukcapil Dalam Genggaman". 2) hambatan penerapan aplikasi “Dukcapil Dalam Genggaman” meliputi: a) sosialisasi Aplikasi "Dukcapil Dalam Genggaman" yang kurang menjangkau semua masyarakat, b) fitur aplikasi belum lengkap, c) alur pelayanan dalam aplikasi yang kurang efektif, d) server Aplikasi "Dukcapil Dalam Genggaman" sering bermasalah. 3) upaya yang dilakukan Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta dalam menghadapi kendala tersebut antara lain: a) sosialisasi Mengenai Aplikasi "Dukcapil Dalam Genggaman", b) melakukan update fitur Aplikasi "Dukcapil Dalam Genggaman", c) mempersingkat alur pelayanan agar lebih efektif, d) mengupayakan Perbaikan Server.