Abstrak


Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Karangan Siswa Kelas V SDN Sidareja 01 Tahun Ajaran 2021/2022


Oleh :
Dominica Putri Septania - K7118076 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan dan penyebab kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada karangan siswa siswa kelas V SDN Sidareja 01. Penelitian ini dilatarbelakangi kesalahan yang masih sering dilakukan oleh siswa dalam penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kesalahan penggunaan huruf kapital pada karangan siswa.

Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa dan guru kelas V SDN Sidareja 01. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Hasil dari penelitian ini ditemukan kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Kesalahan penggunaan huruf kapital pada karangan siswa meliputi tujuh indikator, kesalahan penggunaan huruf kapital dengan frekuensi paling banyak pada huruf pertama awal kalimat yaitu sebanyak 59%, dan kesalahan dengan frekuensi paling sedikit pada kata ganti agama yaitu sebanyak 9%. Selanjutnya, kesalahan pada penggunaan tanda baca pada penelitian ini ditemukan kesalahan dengan tiga indikator, kesalahan dengan frekuensi paling banyak yaitu pada kesalahan penggunaan tanda baca titik 69%, sedangkan frekuensi paling sedikit yaitu kesalahan pada tanda hubung yaitu 8%. Penyebab kesalahan tersebut yaitu siswa masih sering kali menulis atau tidak memperhatikan penggunaan huruf kapital serta tanda baca yang benar.

 

Kata kunci : analisis kesalahan, huruf kapital, tanda baca, karangan siswa