Abstrak


EFEKTIVITAS MEDIA E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X1 IPS SMA NEGERI 1 SINGKIL UTARA


Oleh :
Novilla Malia Naswar - K5415062 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah terdapat perbedaan pengguaan media e-learning berbasis google classroom dan edmodo terhadap hasilbelajar peserta didik dimasa pandemi covid-19 pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Singkil Utara. (2) efektivitas media e- learning berbasis google classroom dan edmodo terhadap hasil belajar peserta didik di masa pandemicovid-19 pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Singkil Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik XI IPS SMA Negeri 1 Singkil Utara.

Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Desain. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan google classroom dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan edmodo yang dilihat dari hasil rata-rata posttest kelompok eksperimen (google classroom) sebesar 80,81, sedangkan hasil rata- rata posttest kelompok kontrol (edmodo) sebesar 76,04. Hal ini juga didukung dari hasil perhitungan uji independent sample t-test berdasarkan equal variance assumed yang menghasilkan ????????????????????????? = 2,137589591 > ???????????????????????? = 2,006646761, maka Ha diterima dan H0 ditolak. (2) media e-learning berbasis google classroom dan edmodo dinyatakan cukup efektif terhadap hasil belajar peserta didik dengan persentase keefektifan google classroom sebesar 65,22?n edmodo sebesar 55,75%, hasil penelitian juga menunjukan bahwa tingkat efektivitas google classroom lebih tinggi jika dibandingkan dengan edmodo, sehingga dapat dikatakan penggunaan google classroom lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar pengetahuan peserta didik.