Abstrak


Hubungan Pengetahuan Terhadap Sikap Mahasiswa Terkait Vaksin Covid-19


Oleh :
Fadilah Asyari Apriani - M0617016 - Fak. MIPA

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 dan telah menjadi pandemi global. Penerapan protokol kesehatan 5M dan vaksinasi adalah upaya yang dilakukan untuk memutus penyebaran COVID-19. Mahasiswa adalah salah satu target penerima vaksin, namun penelitian terkait pengetahuan dan sikap mahasiswa terhadap vaksin COVID-19 belum banyak diteliti. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tingkat pengetahuan mahasiswa dan hubungannya dengan sikap mahasiswa terkait pemberian vaksin COVID-19.
Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan desain cross-sectional study pada 200 responden yang terdiri dari mahasiswa kesehatan dan non kesehatan Universitas Sebelas Maret. Data diperoleh melalui survei online menggunakan kuisioner. Penelitian dilakukan pada bulan Februari-Maret 2021. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Gamma untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan terhadap sikap responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 31,5% responden memiliki pengetahuan baik dan 68,5% responden memiliki pengetahuan kurang baik. Sebanyak 47% responden memiliki sikap positif dan 53% responden memiliki sikap negatif. Berdasarkan hasil uji korelasi Gamma dapat terlihat bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan korelasi positif dan kekuatan korelasi sedang (p value = 0,004 ; correlation value = 0,416). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu mayoritas responden memiliki pengetahuan kurang baik dan sikap negatif serta berdasarkan hasil uji statistik terdapat hubungan antara pengetahuan dengan sikap.

Kata kunci : Pengetahuan, sikap, vaksin COVID-19.