Abstrak


Investasi Emas Jangka Panjang pada Produk Tabungan Emas PT Pegadaian (Persero) UPC Bekonang


Oleh :
Anisa Dinda Ni’mah Imtikhani - F3618012 - Sekolah Vokasi

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui mekanisme pengajuan pembukaan rekening dalam Tabungan Emas pada PT. Pegadaian (Persero) UPC Bekonang. Selain itu, juga bertujuan untuk mengetahui propes kedepan investasi emas dan keuntungan yang didapat dari produk Tabungan Emas pada PT. Pegadaian UPC Bekonang.
Metode penelitian ini menggunakan  metode deskriptif  kualitatif, yaitu melakukan pengamatan secara langsung terhadap objek dan melakukan wawancara terhadap pihak terkait guna mendapatkan kejelasan informasi mengenai investasi emas jangka panjang dalam produk Tabung Emas pada PT.Pegadaian (Persero) UPC Bekonang.
Hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa: 1) PT. Pegadaian (Persero) UPC Bekonang telah memberikan fasilitas dan pelayanan yang mudah untuk pembukaan rekening tabungan emas, yaitu melalui mendatangi kantor outlet, melalui Pegadaian Digitas Service, dan aplikasi shopee. 2) Prospek kedepan investasi emas dalam tabungan emas pada tahun ke 5-10 memiliki prospek yang cukup menjanjikan, bisa dilihat bahwa dari tahun ke tahun nilai emas terus meningkat. 3) Keuntungan yang diberikan dalam tabungan emas cukup banyak, yaitu nilai emas yang tidak terpengaruh dengan inflasi, likuiditas tinggi, tidak memerlukan modal besar, dan  biaya murah.

Kata kunci: Pegadaian, Tabungan, Investasi Emas.