Abstrak


Pengaruh Penggunaan Buku Pop-up tentang Pengelolaan Sampah terhadap Peningkatan Perilaku Memilah Sampah pada Anak Sekolah Dasar Kelas III di Kelurahan Jebres


Oleh :
Akhmad Prayogo - G0115005 - Fak. Kedokteran

Sampah merupakan permasalahan menahun di Indonesia. Penyebab dari permasalahan ini dikarenakan pengelolaan yang kurang efektif yang salah satu penyebabnya yaitu dari sisi masyarakat yang kurang sadar dalam melakukan pengelolaan sampah. Oleh karena itu diperlukan sebuah metode intervensi untuk membuat masyarakat mawas diri terhadap perilaku yang dapat merubah lingkungan hidup. metode intervensi ini akan semakin mudah diberikan saat usia anak-anak karena bersifat seperti kanvas kosong yang memiliki banyak ruang untuk diwarnai.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku pop-up terhadap perilaku anak kelas III Sekolah Dasar dalam memilah sampah. Populasi dari penelitian ini merupakan anak-anak kelas III Sekolah Dasar yang tinggal di kelurahan jebres hingga penlitian selesai. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan subjek 4 anak. Data diperoleh dari perilaku anak ketika melakukan pemilahan sampah kemudian dianalisis melalui perhitungan data deskriptif kuantitatif nilai rata-rata (mean) dari hasil pre-post test subjek..

Berdasarkan hasil analisis didapatkan hasil perbandingan rata-rata pre-post test subjek terdapat perbedaan skor sebilai 44,33 yang bersifat meningkat  yang berarti ditemukan adanya bukti yang signifikan untuk menunjukkan pengaruh positif penggunaan buku pop-up terhadap perilaku pemilahan sampah pada siswa kelas III Sekolah Dasar.