Abstrak


Analisis Persebaran Kemacetan Lalu Lintas di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun 2020 (Implementasi Pembelajaran Kelas XII SMA Materi Pokok Penginderaan Jauh untuk Pengembangan Jaringan Transportasi)


Oleh :
Fitri Nurhayati - K5416022 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Titik persebaran kemacetan lalu lintas di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. (2) Tingkat kemacetan lalu lintas di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. (3) Faktor penyebab kemacetan lalu lintas di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh ruas jalan kolektor. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Pengumpulan data melalui observasi lapangan serta kajian dokumen. Persebaran titik kemacetan diperoleh dengan ploting melalui GPS yang kemudian diolah dengan GIS. Analisis Level of Service (Los) digunakan untuk mengetahui tingkat kemacetan dan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui adanya pengaruh faktor penyebab kemacetan dengan tingkat kemacetan.
Hasil penelitian sebagai berikut : (1) Titik persebaran kemacetan lalu lintas yaitu di simpang The Park Timur (ruas jalan Provinsi Surakarta – Sukoharjo Utara), depan Pasar Telukan (ruas jalan Provinsi Surakarta – Sukoharjo Selatan), simpang dekat Indomaret Parangjoro (ruas jalan Telukan – Cuplik), simpang Pandawa (ruas jalan Ir. Soekarno Timur), simpang The Park Barat (ruas jalan Ir. Soekarno Utara), dan simpang depan SPBU Kadilangu (ruas jalan Tanjunganom – Daleman). Kemacetan lalu lintas yang terjadi di setiap titik yang tersebar di ruas jalan tersebut mengalami kemacetan pada waktu yang berbeda – beda. Waktu kemacetan dibagi menjadi tiga yaitu pagi hari (06.30 – 07.30), siang hari (12.00 – 13.00), dan sore hari (16.00 – 17.00). (2) Tingkat kemacetan tinggi pada hari kerja terletak di ruas jalan Prov. Surakarta – Sukoharjo Utara (0,74), ruas jalan Prov. Surakarta – Sukoharjo Selatan (0,7), dan ruas jalan Telukan – Cuplik (0,78). Tingkat kemacetan tinggi pada hari libur terletak di ruas jalan Prov. Surkarta – Sukoharjo Selatan (0,7) dan ruas jalan Telukan – Cuplik (0,7). Puncak kemacetan terjadi pada sore hari dan kemacetan lalu lintas pada hari kerja lebih tinggi dibandingkan dengan hari libur. (3) Berdasarkan hasil regresi linear berganda faktor penyebab kemacetan lalu lintas yaitu volume kendaraan, kapasitas jalan, hambatan samping, dan penggunaan lahan sisi jalan berpengaruh secara signifikansi dengan nilai kurang dari 0,05.

Kata Kunci : Kemacetan Lalu Lintas, Ruas Jalan, Persebaran, Tingkat, Volume, Kapasitas, Hambatan Samping, Penggunaan Lahan