Abstrak


Studi Hubungan Antara Penguasaan Diksi dan Kemampuan Berpikir Logis dengan Keterampilan Menulis Hasil Laporan Wawancara (Penelitian Korelasi pada Peserta Didik Kelas IV SD Kecamatan Tambak Tahun Ajaran 2020/2021)


Oleh :
Ayu Estiningtyas - K7117035 - Fak. KIP

Perkembangan zaman menuntut pentingnya keterampilan menulis, maka kurikulum    di Sekolah Dasardibuat dan direvisi    untuk meningkatkan keterampilan menulis. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan antara penguasaan diksi dan kemampuan berpikir logis dengan keterampilan menulis laporan hasil wawancara pada peserta didik kelas IV SD Kecamatan Tambak Tahun 2020.
Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  kuantitatif  dan  metode  penelitian yang  digunakan  adalah  metode  korelasi  ganda.Populasi  dalam  penelitian  ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Kecamatan Tambak tahun ajaran
2020/2021. Sampel penelitian yaitu peserta didik dari enam Sekolah Dasar kelas IV SDN Kecamatan Tambak tahun ajaran 2020/2021 dengan mengambil seluruh peserta didik yang ada di kelas IV pada setiap sekolah dengan jumlah sampel sebesar 120 peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif.Pengumpulan datadalam penelitian menggunakan metode Tes dan dengan alat analisis Microsft Excel. Berdasarkan hasil olah data menunjukan variabel penguasaan diksi dan variabel berfikir logismemiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keterampilan menulismenulis laporan hasil wawancara.


Kata   Kunci   :     Keterampilan  Menulis,Penguasaan  Diksi,   Kemampuan Berfikir Logis.