Abstrak


Penerapan Algoritme C4.5 dalam Peminatan Mahasiswa Bidang Aljabar di Prodi Matematika Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret


Oleh :
Saury Olka Beby Ayu - M0113044 - Fak. MIPA

Data mining merupakan proses pencarian informasi atau pengetahuan dari keseluruhan data yang tersembunyi, dengan menggunakan teknik yang sesuai sehingga diperoleh suatu pola dari suatu data yang berisi pengetahuan atau informasi yang berguna. Klasifikasi adalah sebuah proses untuk menemukan model yang menjelaskan atau membedakan konsep atau kelas data, dengan tujuan untuk dapat memperkirakan kelas dari suatu objek yang kelasnya tidak diketahui. Algoritme yang digunakan dalam pohon keputusan adalah algoritme C4.5. Algoritme C4.5 merupakan pengembangan dari algoritme ID3.
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan data mining menggunakan algoritme C4.5 dalam peminatan mahasiswa bidang aljabar di prodi matematika Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret. Berdasarkan hasil penelitian, klasifikasi data pemilihan peminatan bidang aljabar di prodi fakultas matematika MIPA UNS menghasilkan pohon keputusan dengan 3 klasifikasi.