Abstrak


Tindak Tutur Asertif dan Strategi Tuturan dalam OMMAMAT ‘Obrolan Malam Jumat’ di Channel YouTube RJL – 5 Fajar Aditya


Oleh :
Ajeng Nusa Puspita Bestari - B0218002 - Fak. Ilmu Budaya

Ajeng Nusa Puspita Bestari. B0218002. 2022. “Tindak Tutur Asertif dan Strategi Tuturan dalam OMMAMAT ‘Obrolan Malam Jumat’ di Channel YouTube RJL – 5 Fajar Aditya”. Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah wujud tindak tutur asertif dalam acara “Obrolan Malam Jumat” di channel YouTube RJL – 5 Fajar Aditya? dan (2) bagaimanakah penggunaan strategi tuturan dalam acara “Obrolan Malam Jumat” di channel YouTube RJL – 5 Fajar Aditya?

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan realisasi tindak tutur asertif dalam acara “Obrolan Malam Jumat” di channel YouTube RJL – 5 Fajar Aditya dan (2) mendeskripsikan penggunaan strategi tuturan dalam acara “Obrolan Malam Jumat” di channel YouTube RJL – 5 Fajar Aditya.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sumber data penelitian ini adalah video dalam acara “Obrolan Malam Jumat” di channel YouTube RJL- 5 Fajar Aditya. Data yang diambil berupa tuturan yang mengandung tindak tutur asertif dan strategi tuturan. Data dikumpulkan dengan metode simak dengan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kontekstual dan metode cara-tujuan. Metode penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik penyajian informal.

Hasil analisis data dalam penelitian ini meliputi (1) ditemukan tiga belas tindak tutur asertif, yang meliputi tindak tutur: memberitahukan, menyatakan, menjelaskan, menyatakan pendapat, tindak tutur asertif menyetujui, tindak tutur menyangkal, membantah, membual, mengingatkan, meyesali, mengeluh, mengkritik, dan menyarankan. Selanjutnya, (2) ditemukan dua penggunaan strategi bertutur, yang meliputi strategi langsung dan strategi tidak langsung.