;

Abstrak


ANALISIS KESIAPAN DAN PENERIMAAN PETANI TERHADAP MINAT PENGGUNA KARTU TANI DI KABUPATEN SUMENEP JAWA TIMUR


Oleh :
Laras Nur Fitriani - S641908005 - Fak. Pertanian

RINGKASAN

 

Laras Nur Fitriani. S641908005. 2022. “Analisis Kesiapan dan Penerimaan Petani Terhadap Minat Pengguna Kartu Tani di Kabupaten Sumenep Jawa Timur”. Dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si dan Dr. Umi Barokah, S.P., M.P. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kartu Tani merupakan sarana akses layanan perbankan yang terintegrasi dan berfungsi sebagai simpanan, transaksi, penyaluran pinjaman, hingga kartu subsidi (e-wallet). Kartu Tani ini berupa kartu debit yang digunakan secara khusus untuk membaca alokasi pupuk bersubsidi dan transaksi pembayaran pupuk bersubsidi dengan menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC) yang ditempatkan di pengecer pupuk. Kartu Tani sebagai upaya menjamin transparansi dan akuntabilitas dalam penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kesiapan petani, faktor kesiapan petani terhadap penerimaan Kartu Tani dan faktor penerimaan petani terhadap minat penggunaan Kartu Tani di Kabupaten Sumenep. Metode yang digunakan adalah Technology Readiness And Acceptance Model (TRAM).

Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Kartu Tani di Kabupubatan Sumenep memperoleh skor 2,87. Nilai ini berarti petani pengguna Kartu Tani dalam kesiapan penggunaan Kartu Tani termasuk dalam kategori low technology readiness. Didapatkan dua hipotesis yang berpengaruh positif yaitu persepsi kegunaan/ kemanfaatan dan persepsi kenyamanan. Oleh karena itu, apabila terjadi peningkatan pada persepsi kegunaan/ kemanfaatan dan persepsi kenyamanan dalam menggunakan Kartu Tani maka akan berpengaruh terhadap peningkatan pada minat pengguna dalam menggunakan layanan Kartu Tani secara signifikan.