Abstrak


Pengembangan Media Promosi Batik Abstrak Pandono Melalui Instagram Untuk Penguatan Brand Image


Oleh :
Mukhammad Gigih Pamungkas - K3216043 - Fak. KIP

ABSTRAK

 

 

Mukhammad Gigih Pamungkas. PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI BATIK                 ABSTRAK    PANDONO    MELALUI    INSTAGRAM    UNTUK

PENGUATAN   BRAND   IMAGE.    Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2021.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Membuat rancangan desain profil instagram agar audience dapat mengetahui tentang brand image Batik Abstrak Pandono. (2) media Instagram yang dapat memberikan informasi tentang brand image dari Batik Abstrak Pandono. (3) Audience lebih mendapatkan Informasi dan mengenal image Batik Abstrak Pandono.

Penelitian ini termasuk berbasis pengembangan Research and Development (R&D). Model penelitian pengembangan merujuk pada langkah-langkah dibuku Sugiyono (2010) yang kemudian diringkas oleh Peneliti atas 5 tahap, yaitu: 1) menganalisa identifikasi dan masalah sebelum membuat produk, 2) mengembangkan awal produk, 3) uji validasi oleh dosen ahli dan revisi, 4) uji coba di lapangan dan revisi, 5) produk akhir. Pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pada tahap uji coba lapangan dilakukan di akun instagram milik Batik Abstrak Pandono Laweyan. Dalam menganalisa data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian pengembangan ini berupa: 1) Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah desain feed instagram sebagai media promosi Batik Abstrak Pandono yang efektive untuk memperkuat brand image, 2) Pengembangan media promosi instagram Batik Abstrak Pandono ini diujikan pada validator ahli desain dan digital marketing. Dengan perolehan dari ahli desain memperoleh rata-rata presentasi sebesar 87?ngan kategori sangat baik. Sedangkan perolehan dari ahli digital marketing memperoleh rata-rata presentasi sebesar 81?ngan kategori baik dan perolehan dari audience instagram diperoleh rata-rata 90?ngan kategori sangat baik. Dari hasil perolehan tersebut maka menunjukan bahwa media promosi menggunakan instagram menunjukan ke efektivitasan yang cukup baik dan akan  dipakai oleh  akun Batik Abstrak Pandono Laweyan.