Abstrak


Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Kemampuan Mengelola Pembelajaran pada Guru SD Sekecamatan Pacitan


Oleh :
Nanda Eka Saputri - K7117153 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk  membuktikan adanya korelasi positif antara kompetensi pedagogik dan kemampuan mengelola pembelajaran pada guru SD seecamatan Pacitan dan mengukur besarnya sumbangan kompetensi pedagogik terhadap kemampuan mengelola pembelajaran pada guru SD sekecamatan Pacitan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah guru kelas satu sampai dengan kelas enam di 37 SD sekecamatan Pacitan yang berjumlah 222 guru. Sampel pada penelitian ini berjumlah 144 guru kelas satu sampai dengan kelas enam di dua puluh empat SD sekecamatan Pacitan yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling dengan bantuan aplikasi SPSS. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji prasyarat menggunakan uji linieritas dan normalitas. Analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi sederhana dan sumbangan efektif (SE) dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dengan kemampuan mengelola pembelajaran pada guru SD sekecamatan Pacitan (nilai Sig. 0,000 < 0>Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dan kemampuan mengelola pembelajaran pada guru SD sekecamatan Pacitan. Hasil penelitian ini telah sesuai dengan teori yang ada dan didukung pula dengan penelitian yang relevan.

Kata Kunci: kompetensi pedagogik, kemampuan mengelola pembelajaran