Abstrak


Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Kepribadian Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS


Oleh :
Sarah Salsabila - K7617076 - Fak. KIP

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS, mengetahui bagaimana pengaruh kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS, serta mengetahui bagaimana pengaruh pendidikan kewirausahaan dan kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan populasi yang digunakan adalah mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2017, 2018, dan 2019 sejumlah 241 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil yang terdapat dalam penelitian ini, mengungkapkan bahwa: pendidikan kewirausahaan dan kepribadian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan yang telah dibuktikan dari adanya nilai Fhitung  didapatkan yakni 35,066 dan Ftabel yang diperoleh adalah 3,0399. Oleh karena itu, nilai Fhitung  > Ftabel dan signifikansi yang didapatkan melalui pengujian hipotesis dengan uji F yakni 0,000 < 0>

Kata kunci: pendidikan kewirausahaan, kepribadian, minat berwirausaha mahasiswa