Abstrak


Inovasi Terintegrasi Update Data dan Dokumen Kependudukan “Katedah” Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan Pengadilan Agama Kabupaten Sragen Secara 4 In 1


Oleh :
Iqbal Adi Handoko - E3118079 - Sekolah Vokasi

Iqbal Adi Handoko. 2022. E3118079. INOVASI TERINTEGRASI UPDATE DATA DAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN “KATEDAH” DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DENGAN PENGADILAN AGAMA KABUPATEN SRAGEN SECARA 4 IN 1. Tugas Akhir. Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini bertujuan mengetahui mekanisme proses perubahan data kependudukan setelah perceraian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sragen dan menginisiasi suatu inovasi berkaitan dengan perubahan data dokumen kependudukan setelah perceraian dengan mengintegrasikan antara Pengadilan Agama Kabupaten Sragen dengan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sragen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian secara empiris yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah Kasi Pemanfaatan Data dan Inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sragen. Analisis data dalam penelitian ini melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terciptanya suatu inovasi yang bernama inovasi “KATEDAH” yaitu suatu paket pelayanan 4 in 1 yang terdiri dari KTP,KK,AKTE, dan Surat Pindah dimana dengan hadirnyainovasi ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan publik dengan memperoleh dokumen kependudukan.