Abstrak


Analisis Profiling Data Melalui Sistem Pembayaran PT. Automobil Jaya Mandiri Cabang Sudirman, Semarang


Oleh :
Kevin Gholan Syah - F3218040 - Sekolah Vokasi

Sistem pembayaran adalah sebuah sistem yang terdiri dari sebuah aturan, perjanjian, hingga mekanisme teknis yang digunakan untuk memindahkan nilai sebagai bentuk pemenuhan kewajiban dari kegiatan transaksi pembelian mobil antara konsumen dengan pihak perusahaan. PT. Automobil Jaya Mandiri cabang Sudirman, Semarang merupakan perusahaan berbentuk diler dengan produk Wuling Motors yang menawarkan tiga macam sistem pembayaran. Sistem pembayaran tersebut meliputi sistem pembayaran tunai, kredit, dan kredit Wuling Finance.
Melalui ketiga sistem pembayaran tersebut didapatkan data sekunder berupa profil konsumen yang melakukan transaksi pada tahun 2019 dan tahun 2020. Berdasarkan data tersebut, maka dalam pengelolahannya untuk mendapatkan profiling secara rinci penelitian ini menggunakan teknik analisis kategorisasi yang meliputi variabel segmentasi geografis, demografis, psikografik, dan perilaku. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada setiap produk dari setiap sistem pembayaran memiliki profiling serta perubahan pasar segmentasi konsumen yang berbeda. Perbedaan tersebut dapat menjadi sebuah evaluasi perusahaan untuk merencanakan strategi pemasaran atau penjualan di periode selanjutnya agar perusahaan tetap dapat bersaing dengan kompetitor.

Kata kunci : Sistem Pembayaran, Profiling Data, Segmentasi Pasar