Abstrak


Sistem Informasi Persebaran Minimarket di Kecamatan Karanganyar Berbasis Webgis


Oleh :
Akbar Chairul Insan - F3318004 - Sekolah Vokasi

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem informasi persebaran minimarket berbasis webGIS dengan pemaparan secara visual pada peta dan mencari angka ideal untuk mendirikan minimarket di Kecamatan Karanganyar berdasarkan data yang didapatkan pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karanganyar.
Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan analisis persebaran minimarket berdasarkan demografi, analisis persebaran minimarket berdasarkan jangkauan pelayanan minimarket, dan analisis persebaran minimarket berdasarkan rangking prioritas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan pada analisis persebaran minimarket memperoleh hasil sebesar 32 dan 33 jumlah minimarket yang ideal untuk ditempatkan dengan landasan data Potensi Desa (PODES) 2020 yang menunjukan jumlah minimarket yang berada di Kecamatan Karanganyar yaitu 27 minimarket. Hasil pada analisis persebaran digunakan untuk perhitungan Analisis Rangking Prioritas sebagai dasar untuk menentukan prioritas pendirian minimarket wilayah kelurahan di Kecamatan Karanganyar.
Rekomendasi dari hasil penelitian diberikan kepada pihak Pemerintah Daerah sebagai evaluasi serta tambahan data untuk menghasilkan informasi terkait persebaran minimarket secara detail. Penggunaan hasil penelitian yang ditujukan pada Pengusaha Retail dapat digunakan sebagai perencanaan dan sebagai informasi untuk mengembangkan bisnis retail.

Kata Kunci: Minimarket, Sistem Informasi Geografis, Persebaran Lokasi Minimarket, WebGIS.