Abstrak


Pelabelan Total Super Edge Trimagic Pada Graf Baling-Baling Bertangkai, Graf Bunga Sepatu, Dan Graf Friendship Korona Graf Null


Oleh :
Annisa Nurul Fadhilah - M0118012 - Fak. MIPA

Pelabelan menjadi topik yang menarik pada teori graf. Pelabelan merupakan pemetaan yang membawa elemen graf berupa himpunan vertex dan himpunan edge ke dalam bilangan bulat positif atau non negatif. Pelabelan total edge trimagic dari suatu graf G(V, E) adalah pemetaan bijektif f : V ? E ? {1, 2, 3, .., |V | + |E|} sedemikian sehingga untuk setiap sisi uv ? E(G), dengan nilai f(u) + f(uv) + f(v) merupakan tiga nilai konstanta yang berbeda yaitu ?1, ?2, ?3. Pelabelan pada suatu graf dapat dikatakan pelabelan super apabila label dari vertex lebih kecil dari pada label edge.

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pelabelan total super edge trimagic pada graf bunga sepatu, graf baling-baling bertangkai, dan graf friendship korona graf null. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa graf bunga sepatu (Hf k ) memiliki pelabelan total super edge trimagic dengan k ? 2, graf balingbaling bertangkai (Bm,n) mempunyai pelabelan total super edge trimagic dengan m ? 3 dan n ? 2. Graf friendship korona graf null (Fn JNm) memiliki pelabelan total super edge trimagic dengan m ? 1 dan n ? 2.