Abstrak


PENGARUH LATIHAN PLYOMETRIC BERMEDIA PASIR TERHADAP PENINGKATAN TINGGI LOMPATAN JUMP SERVICE ATLET KLUB BOLA VOLI PUTRI U-15 IVOP PACITAN TAHUN 2022


Oleh :
Amellina Juandini - O0118013 - Fak. Keolahragaan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh latihan plyometrics bermedia pasir terhadap tinggi lompatan atlet klub Bola Voli IVOP PACITAN usia 13-15.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah quasi experimental design dengan tipe One group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini yaitu atlet putri klub bola voli Ivop Pacitan usia 13-15. Sumber data berasal dari pelatih, atlet dan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan kemudian diselesaikan dengan menguji tes dasar pre-test dan menguji setelah diberi perlakuan atau treatment post test. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang menggunakan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan tinggi lompatan menggunakan tes vertical jump pada atlet sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan perhitungan menggunakan spss dari hasil Uji T dapat dilihat bahwa t hitung (5,606) > t tabel (2,201) maka hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hasilnya yaitu 0,000 yang berarti nilai signifikannya kurang dari 0,05 yaitu sig. (0,000) < 0> 0,05.