Abstrak


Analisis Peran Digital Marketing pada Pemasaran UMKM Mebel selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada UMKM Mebel Desa Mulyoharjo Sentra Industri Seni Patung dan Ukir Kabupaten Jepara)


Oleh :
Ayu Ainun Nadliroh - K7617016 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peran digital marketing pada pemasaran UMKM mebel selama pandemi covid-19 di Kabupaten Jepara (2) mendeskripsikan hambatan dan solusi dalam mengatasi kendala peran digital marketing pada pemasaran UMKM mebel selama pandemi covid-19 di Kabupaten Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari informan yakni Kepala Desa Mulyoharjo, Pelaku UMKM mebel dan Konsumen mebel. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data berupa triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.

Hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan digital marketing berperan penting dalam membantu UMKM mebel di Desa Mulyoharjo untuk bertahan selama pandemi covid-19, peran digital marketing di antaranya (a) mempermudah proses komunikasi (b) membantu dalam melayani konsumen (c) membantu menekan biaya pemasaran (d) membantu meningkatkan penjualan (e) mempermudah pencarian informasi (f) menciptakan kesadaran merek. Hambatan dalam penggunaan digital marketing adalah sebagai berikut (a) kesulitan dalam menyesuaikan dengan perubahan yang ada (b) keterbatasan SDM (c) rendahnya kepercayaan konsumen (d) persaingan harga (e) mudah ditiru (f) malas untuk belajar hal baru. Solusi dalam mengatasi kendala tersebut (a) belajar dan berusaha mengikuti perkembangan zaman (b) memberikan pelayanan terbaik (c) menjaga kualitas produk (d) melakukan inovasi produk (e) memaksimalkan SDM (f) menjaga komunikasi (g) meyakinkan konsumen