Abstrak


Tindak Tutur Direktif dan Strategi Kesantunan dalam Acara


Oleh :
Hanifah Yulia Putri Sunarto - B0218022 - Fak. Ilmu Budaya

Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah 1) bagaimana realisasi tindak tutur direktif dalam acara “Ayo Sehat” di Kompas TV? dan 2) bagaimana penggunaan strategi kesantunan pada tindak tutur direktif dalam acara “Ayo Sehat” di Kompas TV?

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan realisasi tindak tutur direktif dalam acara “Ayo Sehat” di Kompas TV dan 2) mendeskripsikan penggunaan strategi kesantunan pada tindak tutur direktif dalam acara “Ayo Sehat” di Kompas TV.

Penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan pragmatik. Sumber data dalam penelitian ini adalah video siaran acara “Ayo Sehat” yang diunggah di kanal YouTube Kompas TV. Data yang diperoleh berupa dialog pembawa acara dan narasumber beserta konteksnya yang mengandung tindak tutur direktif dan strategi kesantunan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kontekstual. Metode penyajian hasil analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik penyajian informal.

Hasil pada penelitian ini  menunjukkan bahwa dalam acara “Ayo Sehat” 1) ditemukan adanya tujuh jenis tindak tutur, yang meliputi tindak tutur menyuruh, tindak tutur menyarankan, tindak tutur bertanya, tindak tutur meminta, tindak tutur melarang, tindak tutur mengizinkan, dan tindak tutur berdoa; 2) ditemukan adanya empat jenis penggunaan strategi kesantunan, yang meliputi strategi tanpa basa-basi, strategi kesantunan positif, strategi kesantunan negatif, dan strategi samar-samar. Selain keempat strategi tersebut, terdapat gabungan antarstrategi kesantunan positif, gabungan antarstrategi kesantunan negatif, dan kombinasi strategi kesantunan positif dan kesantunan negatif.