Abstrak


Tindak Tutur Direktif dan Strategi Kesantunan Juri dalam Sesi Komentar Acara Stand Up Comedy Indonesia IX di Kompas TV


Oleh :
Luluk Laviva - B0215037 - Fak. Ilmu Budaya

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (i) jenis-jenis tindak tutur direktif apa sajakah yang direalisasikan juri pada sesi komentar acara Stand Up Comedy Indonesia IX? dan (ii) bagaimanakah strategi kesantunan pada tindak tutur direktif juri yang terdapat dalam sesi komentar acara Stand Up Comedy Indonesia IX?

Tujuan dari penelitian ini adalah (i) mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur direktif yang direalisasikan juri pada sesi komentar acara Stand Up Comedy Indonesia IX dan (ii) mendeskripsikan strategi kesantunan pada tindak tutur direktif juri yang terdapat dalam sesi komentar acara Stand Up Comedy Indonesia IX.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif menggunakan pendekatan kajian pragmatik. Adapun data penelitian ini berupa tuturan juri yang mengandung tindak tutur direktif dan strategi kesantunan pada sesi komentar acara Stand Up Comedy Indonesia IX di Kompas TV beserta konteksnya. Data diperoleh dari video tayangan acara Stand Up Comedy Indonesia IX yang diunggah ke kanal Youtube Stand Up Kompas TV. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik catat. Kemudian, sebelum dilakukan analisis data diperlukan tahap klasifikasi data berdasarkan jenis tindak tutur yang terkandung dalam tuturan juri pada acara tersebut. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode kontekstual. Metode penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode penyajian informal.

Hasil analisis data dalam penelitian ini meliputi (i) ditemukan tujuh macam tindak tutur direktif yaitu tindak tutur menyuruh; menuntut; melarang; menyarankan; bertanya; berdoa; dan mengizinkan. Selanjutnya (ii) ditemukan empat penggunaan strategi kesantunan, yang meliputi strategi tanpa basa-basi; strategi kesantunan positif; strategi kesantunan negatif; dan strategi samar-samar. Selain empat strategi yang ditemukan tersebut, ditemukan juga gabungan kombinasi strategi yaitu antar substrategi dalam kesantunan positif; dan gabungan antar strategi kesantunan positif dan negatif.