;

Abstrak


Meta Analisis: Pengaruh Diabetes Melitus Tipe 2 Terhadap Kejadian Infeksi Luka Operasi


Oleh :
Chattrin Fahrezi - S022002033 - Sekolah Pascasarjana

 

ABSTRAK

Chattrin Fahrezi. S022002033. Meta Analisis Pengaruh Diabetes Melitus Tipe 2 Terhadap Kejadian Infeksi Luka Operasi. Pembimbing I:Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., M.Sc., Ph.D. Pembimbing II:Prof. Dr. Didik Gunawan Tamtomo, dr., M.Kes., MM., PAK., Sp.DLP. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

 

Latar Belakang : Infeksi Luka Operasi memperumit 10-20% operasi dengan beban yang cukup besar meningkatkan morbiditas, mortalitas, dan biaya perawatan kesehatan. Sepertiga kematian pasca operasi dikaitkan dengan Infeksi Luka Operasi. Risiko terjadinya infeksi luka operasi dikaitkan dengan adanya faktor resiko Diabetes Melitus Tipe 2. Hal tersebut menyebabkan pasien yang menjalani operasi dengan Diabetes Melitus Tipe 2 memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena infeksi luka operasi.  Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Diabetes Melitus Tipe 2 terhadap kejadian infeksi luka operasi.

 

Subjek dan Metode : Penelitian ini menggunakan desain systematic review dan meta analisis dengan menggunakan PRISMA diagram flow. Pencarian artikel dilakukan dengan memilih artikel yang diterbitkan antara tahun 2000-2022 yang diperoleh dari beberapa databasePubMed, Google Scholar, Science Direct, dan Springer Link. Kata kunci yang dipakai untuk mencari artikel adalah “Diabetes Mellitus”, “Surgical Site Infection”, “cohort”, ”Diabetes Mellitus” AND “Surgical Site Infection”, “Diabetes Mellitus” AND “Surgical Site Infection” AND “adjusted odd ratio”. Analisis dilakukan menggunakan software RevMan 5.3.

Hasil : Meta analisis dari 9 artikel Diabetes Melitus Tipe 2 (aOR= 2.54; CI 95%= 1.93 hingga 3.34; p<0>

Kesimpulan : Diabetes Melitus Tipe 2 meningkatkan kejadian infeksi luka operasi.

 

Kata Kunci : Diabetes Melitus Tipe 2, infeksi luka operasi