Abstrak


Sistem Informasi Ekspor Pakaian Jadi dengan Shipping Method By Sea di PT Eco Smart Garment Indonesia Sambi Boyolali


Oleh :
Beta Salsabilla An’nur Iftina - D1518016 - Sekolah Vokasi

PT Eco Smart Garment Indonesia Sambi Boyolali merupakan penerima fasilitas Kawasan Berikat yang salah satu kegiatan usahanya adalah ekspor produk pakaian jadi. Destinasi ekspornya meliputi Kawasan Eropa, Amerika, dan Asia dengan shipping method by sea. Fokus utama PT Eco Smart Garment Indonesia Sambi Boyolali adalah brand apparel UNIQLO dari Jepang. Guna menunjang seluruh aktivitas ekspor tersebut dibutuhkan Sistem Informasi Ekspor (SIE) untuk memangkas biaya pengiriman barang ekspor dan memperlancar kegiatan ekspor perusahaan. Pengamatan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Sistem Informasi Ekspor Pakaian Jadi dengan Shipping Method by Sea di PT Eco Smart Garment Indonesia Sambi Boyolali.
Penulisan Tugas Akhir ini menggunakan metode pengamatan deskriptif kualitatif untuk memperoleh data dan informasi yang ada di perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi partisipatif, wawancara, mengkaji dokumen dan arsip, dan triangulasi teknik. Proses yang dilakukan dalam pengamatan yaitu mengamati sistem yang digunakan perusahaan dan berpartisipasi dalam proses transaksi ekspor melalui Sistem Informasi Ekspor (SIE) di Shipping Department PT Eco Smart Garment Indonesia Sambi Boyolali.
Hasil pengamatan mendeskripsikan bahwa Sistem Informasi Ekspor Pakaian Jadi dengan Shipping Method by Sea di PT Eco Smart Garment Indonesia Sambi Boyolali digunakan untuk mempermudah transaksi ekspor dengan metode pengiriman barang melalui laut. Penerapan transaksi ekspor dengan shipping method by sea dilakukan melalui System Application and Product in data processing (SAP), Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), Garment Management System (GMS), Supplier Portal Logistic (SPL), dan Surat Keterangan Asal Elektronik (e-SKA). Sistem Informasi Ekspor (SIE) tersebut terdiri dari komponen-komponen yang menunjang keberlangsungan sistem diantaranya: 1) Sumber Daya Manusia, 2) Sumber Daya Perangkat Keras, 3) Sumber Daya Perangkat Lunak, 4) Sumber Daya Data, dan 5) Sumber Daya Jaringan. Dalam pelaksanaannya Sistem Informasi Ekspor (SIE) di PT Eco Smart Garment Indonesia Sambi Boyolali memiliki beberapa kendala yaitu kurangnya ketelitian karyawan terutama pada saat high session, maintenance atau perbaikan server komputer dilakukan pada saat jam kerja, terbatasnya akses user pada System Application and Product in data processing (SAP), tidak adanya interface antara System Application and Product in data processing (SAP) dan Garment Management System (GMS), dan Invoice dan Packing List dibuat secara manual.

Kata kunci: Sistem Informasi, Ekspor, Pakaian Jadi, Shipping Method by Sea