;

Abstrak


Pengembangan Blended Learning Berbasis Flipped Classroom dengan Program Moodle pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Literasi TIK Siswa


Oleh :
Amy Mukaromatun L - S081708001 - Sekolah Pascasarjana

Blended learning  berkembang seiring dengan literasi TIK melalui pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terkini, hal tersebut menjadi kunci perkembangan di bidang pendidikan sehingga menghasilkan berbagai temuan terkait teori – teori pembelajaran baru, salah satunya adalah pendekatan flipped classroom. Flipped classroom diakui sebagai pendekatan pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa, yang umumnya diterapkan dalam pembelajaran Fisika.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik blended learning  berbasis flipped classroom  dengan program moodle pada pembelajaran Fisika untuk meningkatkan literasi TIK siswa; 2) mengetahui kelayakan blended learning  berbasis flipped classroom  dengan program moodle pada pembelajaran Fisika untuk meningkatkan literasi TIK siswa; 3) mengetahui efektivitas blended learning  berbasis flipped classroom  dengan program moodle pada pembelajaran Fisika untuk meningkatkan literasi TIK siswa.
Metode  penelitian  dan pengembangan yang digunakan adalah RnD (Research  and  Development)  dengan model desain pengembangan ADDIE Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Studi pendahuluan menunjukkan bahwa blended learning  dalam proses pembelajaran perlu dioptimalkan untuk meningkatkan literasi TIK siswa. 2) Berdasarkan validasi ahli, blended learning  berbasis flipped classroom layak digunakan dengan validasi silabus 95,83%, validasi RPP 96?n validasi e-learning 95,07%. Angket keefektifan blended learning  berbasis flipped classroom tergolong kategori baik dengan persentase 80,69%. 3) Peningkatan literasi TIK siswa dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,34 dan hasil observasi literasi TIK siswa menunjukkan peningkatan pencapaian indikator literasi TIK dari 34,01% pada tahap pra observasi menjadi 47,13 % pada tahap pengamatan akhir.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa: 1) Blended learning  berbasis flipped classroom dengan program moodle pada pembelajaran Fisika berhasil dikembangkan  berdasarkan  metode  penelitian  dan pengembangan  (Research  and  Development)  model ADDIE, untuk meningkatkan  literasi TIK siswa: 2) Kelayakan blended learning  berbasis flipped classroom dengan program moodle pada pembelajaran Fisika berdasarkan penilaian ahli, praktisi,  dan respon siswa selama proses pembelajaran menunjukan kategori baik terhadap produk pengembangan; 3) Penerapan blended learning  berbasis flipped classroom dengan program moodle pada pembelajaran Fisika telah efektif meningkatkan literasi TIK siswa disertai dengan peningkatan hasil belajar kognitif siswa.

Kata kunci: Blended learning, Flipped classroom, Literasi TIK