Abstrak


Analisis Pajak Hiburan dalam Pencapaian Target Anggaran Pajak Daerah Kabupaten Wonosobo dari Tahun 2019-2021.


Oleh :
Nur Muhammad Faiq - F3419045 - Sekolah Vokasi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pajak Hiburan dalam pencapaian target anggaran Pajak Daerah di Kabupaten Wonosobo dan bagaimana cara pemerintah daerah Kabupaten Wonosobo mengelola Pajak Hiburan agar bisa mencapai target anggaran Pajak Daerah yang telah ditetapkan terutama selama pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif deskriptif berdasarkan data penerimaan Pajak Hiburan Kabupaten Wonosobo yang didapatkan dari BPPKAD Kabupaten Wonosobo.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan Pajak Hiburan selama tahun 2019-2021 mengalami fluktuasi terutama saat pandemi COVID-19 karena penutupan sementara tempat hiburan dan dilarangnya penyelenggaraan hiburan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemerintah daerah setempat mengeluarkan berbagai kebijakan terkait pajak daerah salah satunya adalah pemberian insentif Pajak Hiburan agar bisa mencapai target anggaran Pajak Daerah yang telah ditetapkan.

Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut, penulis memberikan saran bagi BPPKAD Kabupaten Wonosobo agar melakukan peningkatan sistem dan kualitas pelayanan terhadap wajib pajak untuk meningkatkan penerimaan Pajak Hiburan di Wonosobo serta memberikan dukungan dalam upaya pengembangan sektor hiburan dalam rangka meningkatkan penerimaan pendapatan Pajak Daerah.